Berada di Timur Laut Pulau Kalimantan, Slamet Rasakan Manfaat Program JKN-KIS

oleh -
Slamet, salah satu peserta JKN-KIS yang berdomisili di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Rasakan Manfaat Program JKN-KIS. Foto : HO.
Slamet, salah satu peserta JKN-KIS yang berdomisili di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Rasakan Manfaat Program JKN-KIS. Foto : HO.

BorneoFlash.com, TANJUNG REDEB – Keberadaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) semakin dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga negara Indonesia. Tak terkecuali Warga Negara Indonesia yang tinggal jauh dari pusat pemerintahan.

Slamet Hariyanto merupakan salah satu peserta JKN-KIS yang kini berdomisili di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Selama adanya program JKN-KIS dikelola BPJS Kesehatan, ia tak pernah merasa kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan. Pasalnya, di pulau tersebut terdapat fasilitas kesehatan yang siap melayani seluruh peserta JKN-KIS. Saat diwawancarai di tempat kerjanya, banyak manfaat program JKN-KIS yang dirasakan olehnya, rekan kerjanya dan keluarganya.

“Banyak manfaat yang saya dapatkan khususnya sewaktu istri saya melakukan pengobatan karena kecelakaan. Waktu itu pengobatannya dirujuk ke rumah sakit di Kabupaten Berau. Namun masih diperlukan perawatan lebih lanjut, akhirnya dirujuk lagi ke rumah sakit di Kota Balikpapan dan diharuskan untuk pasang pen di kakinya. 

Alhamdulillah seminggu dirawat di sana, tidak ada bayar sedikitpun.  Dalam pelayanannya pun, saya rasa sudah cukup baik. Tentunya sekarang dengan adanya BPJS Kesehatan kita diberikan kemudahan, sekarang tinggal menunjukan kartu JKN-KIS semua beres. Apalagi di tempat ini, alhamdulillah ada Puskesmas Maratua yang melayani rawat inap juga. Beberapa karyawan disini juga banyak yang memanfaatkan kartunya untuk berobat,” ujar Slamet.

Saat ini ia bekerja sebagai salah satu pimpinan di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. Kesehariannya melayani para tamu yang melakukan perjalanan wisata di Pulau Maratua. 

Pulau Maratua merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kalimantan Timur, yang posisinya terletak di ujung timur laut Pulau Kalimantan. Walaupun terletak di pulau terluar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, program JKN-KIS tetap hadir dalam menjamin kemudahan akses layanan kesehatan warga Indonesia.

Baca Juga :  Tetap Memperhatikan Potensi Pengendara, Kapolres Kubar Resmikan Lintasan Baru Uji Praktik SIM C

“Saya harap BPJS Kesehatan ini dapat terus membantu masyarakat, apalagi kebanyakan masyarakat di maratua ini dapat bantuan iurannya langsung dari pemerintah. Secara umum di Maratua ini, adanya BPJS Kesehatan sangat membantu,” ungkap Slamet. (*)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.