Mulai Hari Ini, Pelabuhan Semayang Berlakukan Tes GeNose Covid-19

oleh -
Pembukaan Tes GeNose di Pelabuhan Semayang pada Selasa (15/6/2021). Foto : BorneoFlash.com/Muhammad Eko.
Pembukaan Tes GeNose di Pelabuhan Semayang pada Selasa (15/6/2021). Foto : BorneoFlash.com/Muhammad Eko.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Pelabuhan Indonesia (Pelindo IV) Balikpapan selaku operator pelabuhan telah menyediakan jasa pelayanan tes Ge-Nose.

Hal tersebut dilakukan, sebagai upaya memberikan kemudahan pelayanan bagi penumpang sekaligus membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran covid-19.

Kepala KSOP Kelas 1 Balikpapan Takwim Masuku, mengatakan tes Ge-Nose ini sendiri sebagai salah satu syarat wajib bagi penumpang yang akan berangkat menggunakan kapal laut melalui pelabuhan Semayang Balikpapan.

Lebih lanjut dia terangkan, pelaksanaan tes Ge-Nose  sesuai dengan target dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diberlakukan di 9 pelabuhan kelas 1 yang ada diseluruh Indonesia.

Dimana pada Juni 2021, pelaksanaan Ge-Nose di setiap pelabuhan harus segera dioperasikan.

“Kita harapkan nantinya pelabuhan Semayang bisa menjadi pintu masuk yang betul-betul awas terhadap penyebaran covid-19 di Balikpapan,” ujarnya Selasa (15/6/2021).

Kedepan, pelabuhan akan mempersiapkan klinik antigen, sehingga apa yang menjadi persyaratan keberangkatan bisa cepat diselesaikan.

Ia menambahkan, saat ini terdapat dua alat Ge-Nose yang mengcover penumpang di pelabuhan.

Pasalnya, tidak semua penumpang harus melakukan pemeriksaan dengan Ge-Nose, karena penumpang lainnya pasti sudah ada yang memiliki hasil pemeriksaan antigen.

“Saat ini kita masih sedia sebanyak 400 kantong plastik Ge-Nose, dan nantinya akan ada penambahan lagi sebanyak 2000,” ucapnya lagi.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty, menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah Pelindo IV yang telah menyiapkan pelayanan tes Ge-Nose.

Menurut dirinya, masih ada saja masyarakat yang hendak bepergian melalui pelabuhan tidak membawa hasil rapid antigen sebagai salah satu syarat keberangkatan.

“Saya sambut baik, pelabuhan Semayang saat ini telah menyediakan tes Ge-Nose untuk masyarakat yang hendak berangkat,” tuturnya.

Baca Juga :  Deteksi Dini Potensi Karhutla, Polda Kaltim Launching Aplikasi Lembuswana

Selain itu, dia menjelaskan, sebagaimana diketahui posisi kota Balikpapan merupakan pintu masuk wilayah Provinsi Kaltim, sehingga penjagaannya harus diperketat.

Penerapan tes GeNose di Pelabuhan Semayang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan tahapannya, yakni bulan ini.

Kepala KSOP Kelas 1 Balikpapan Takwim Masuku. Foto : BorneoFlash.com/Muhammad Eko.
Kepala KSOP Kelas 1 Balikpapan Takwim Masuku. Foto : BorneoFlash.com/Muhammad Eko.

Dia juga menjelaskan, dengan adanya pelayanan GeNose di pelabuhan ini diharapkan makin meringankan beban operasional penumpang. 

Selain itu, calon penumpang diharapkan dapat mengikuti saran penggunaan GeNose sesuai arahan petugas.

Dia berharap kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Semayang dapat memanfaatkan pemeriksaan tes GeNose tersebut. 

“Jika nanti ada yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka dapat ditindaklanjuti dengan tes antigen,” paparnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135