Kemenhan Tinjau Lokasi Pembangunan IKN di Kaltim

oleh -
Suasana peninjauan Sekjen Kemhan dan rombongan di PPU pada Kamis (27/5/2021)
Suasana peninjauan Sekjen Kemhan dan rombongan di PPU pada Kamis (27/5/2021). Foto : HO/Sumber : Biro Humas Setjen Kemhan.

BorneoFlash.com, PENAJAM PASER UTARA – Kementerian Pertahanan (Kemhan) melakukan kunjungan peninjauan ke lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Kamis (27/5/2021).

Kunjungan yang berlangsung dihadiri (Sekjen Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan T., M.D.S., bersama Tim Kelompok Kerja (Pokja) Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Bidang Pertahanan dan Keamanan.

Sekjen Kemhan dan rombongan bertolak menuju Kalimantan Timur dari Base Ops TNI AU Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat CN-295 TNI AU. 

Di dalamnya, turut serta Tim Pokja dari beberapa pejabat Kemhan, Mabes TNI dan Angkatan, Polri, BIN dan Bappenas.

Tiba di Pangkalan TNI Lanud Dhomber Balikpapan Kaltim, Sekjen Kemhan dan rombongan disambut oleh Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. bersama jajaran Pejabat Forkopimda Kalimantan Timur, selanjutnya menuju ke lokasi Ibu kota Negara (IKN) Baru untuk meninjau lokasi titik nol.

Sekjen Kemhan selaku Ketua Tim Pokja Pemindahan IKN Bidang Pertahanan dan Keamanan mengungkapkan bahwa.

kunjungannya tersebut dalam rangka melihat secara langsung keadaan sebenarnya.

“Saya dalam rombongan ini membawa beberapa pejabat dari Kemhan, Bappenas, Mabes TNI, Mabes Angkatan, Polri dan BIN. Cukup lengkap rombongan yang kami bawa, tergabung dalam Pokja Hankam dalam rangka pemindahan ibu kota. Jadi dalam kesempatan ini, kami berkunjung untuk melihat secara langsung bagaimana kondisinya”, ujarnya.

Lebih lanjut Sekjen Kemhan mengungkapkan, bahwa Tim Pokja Pemindahan IKN Bidang Hankam telah melaksanakan rapat di Jakarta terkait dengan Pokja Bidang Pertahanan dan Keamanan, dan dari beberapa rapat tersebut diputuskan Tim Pokja perlu berkunjung untuk melihat secara langsung, karena kemungkinan apa yang dilihat di peta berbeda dengan kondisi riil di lapangan.

Baca Juga :  Arzaedi: Bulan Ramadan Masyarakat Belanja Sesuai kebutuhan dan Para Pelaku Usaha Sebagai Moment Berbagi

“Pada intinya melalui kunjungan ini, Tim Pokja Hankam ingin memastikan dan melihat secara langsung di lapangan, apakah ada permasalahan atau tidak nantinya terutama dari aspek pertahanan keamanan.

“Dan kita harus membuat assesment tidak hanya berdasarkan peta saja, tetapi juga harus melihat visual di lapangan”, tambahnya.

Melalui kunjungan ini, Sekjen Kemhan berharap Tim Pokja Bidang Hankam juga akan mendapatkan masukan dari jajaran pejabat di wilayah Kalimantan Timur sebagai bahan analisis dan assesment nantinya.

“Kami mengharapkan dukungan dari rekan-rekan yang ada di Kalimantan Timur karena tentunya sudah mengetahui secara pasti apa saja permasalahan – permasalahan yang ada, sehingga akan menjadi bahan masukan dalam membuat suatu analisa kedepannya,” tandasnya.

Sumber : Biro Humas Setjen Kemhan.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.