PHKT Dukung Peningkatan Kapasitas Melalui Program Bimbingan Teknik Bumdes 

oleh -
Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan, yang dilaksanakan oleh PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT)
Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan, yang dilaksanakan oleh PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT). Marangkayu, Selasa (27/4/2021). Foto : HO.

BorneoFlash.com, MARANGKAYU – Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan, yang dilaksanakan oleh PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) kembali memberikan dukungan kepada peningkatan kapasitas pengelola Bumdes Ring 1 Santan Terminal, dengan memfasilitasi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bumdes yang diadakan di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah, dan Jogjakarta pada tanggal 3-9 April 2021. 

Bimtek ini dihadiri oleh perwakilan pengurus Bumdes dan pemangku kepentingan di Marangkayu, antara lain direktur dan komisaris Bumdes, kader penggerak PKK, dan stakeholder Kecamatan dan Kasi PMD Marangkayu.

Kegiatan ini merupakan langkah lanjutan dari Rapat Musyawarah Rencana Kerja (Musrenja) yang telah berlangsung pada tanggal 3 Februari 2021 lalu dan hasil musyawarah pra bimtek yang diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2021.

Penanaman Pohon Serapan Air oleh Pak Iman Sudirman
Penanaman Pohon Serapan Air oleh Pak Iman Sudirman. Foton : HO.

Peserta Bimtek didampingi oleh pendamping masyarakat dan Dosen dari lembaga kajian Social Development Studies Center (Sodec) UGM yang membekali peserta dengan pengetahuan tentang penguatan pelembagaan Bumdes. 

Pada kegiatan tersebut, peserta Bimtek Bumdes belajar tentang program pemberdayaan masyarakat berbasis pertanian terpadu, Desa Wisata Budaya Gamol; model peternakan kambing Etawa, Rumah Anggrek, dan rumah jamu Desa Argomulyo; dan juga melihat model Jaminan Pangan Masyarakat (Japangmas), sebagai salah satu bentuk solusi untuk mengatasi persoalan tengkulak gabah yang menindas. 

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.