Tujuh RT di Kelurahan Batu Ampar Terendam Banjir 

oleh -
Banjir di Balikpapan
Kondisi banjir yang terjadi di Perumahan Sosial pada Selasa (23/3/2021)

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Hujan deras yang mengguyur kota Balikpapan pada Selasa (23/3/2021) dini hari membuat beberapa kawasan pemukiman warga terendam banjir. 

Adapun lokasi terparah, terdampak banjir yang cukup parah terpantau di kawasan Perumahan Sosial, Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara.

Lurah Kelurahan Batu Ampar, Mardanus mengungkapkan, Banjir yang terjadi khususnya di Perumahan Sosial ini  diakuinya bukan kali pertama terjadi. 

“Sudah sering terjadi banjir di perumahan sosial. Untuk saat ini ketinggian air kurang lebih mencapai satu meter. Jika hujan deras satu jam saja sudah dipastikan pasti banjir,” ujarnya. 

Faktor air laut yang pasang merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya banjir.

“Sebanyak tujuh RT terendam banjir, adapun RT yang mengalami banjir, yakni RT 41, 39, 49, 28, 74, 76 dan 28. Hanya banjir ini tidak berlangsung lama. Kurang lebih 2 jam itu sudah surut, ” tambahnya.

Meski demikian diakuinya banjir yang terjadi menyebabkan beberapa perabotan rumah mengalami kerusakan seperti meja dan kursi. 

“Untuk kerugian kami belum mengetahui pasti. Tapi saat ini kami masih melakukan pendataan. Yang jelas kerugian akibat banjir ini pasti ada, ” bebernya. 

Untuk solusi sendiri terkait banjir yang terjadi di terangkan dalam hal ini pihaknya melakukan pengerukan sedimentasi parit dan melaksanakan program Ampar 1 dan 2 yakni Program tersebut merupakan program dari DPU untuk mengatasi permasalahan banjir di daerah perumahan sosial.

“Semoga dengan dilakukannya program tersebut dapat mengatasi banjir di perumahan tersebut. Saat ini kami terus melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terkait program ampar satu dan dua,” tandasnya. 

(BorneoFlash.com/Eko)

banner 700x135