KPU Balikpapan Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Terpilih Tahun 2020

oleh -
Suasana Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Wali kota dan Wakil Wali Kota terpilih dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan tahun 2020 berlangsung  di Hotel Novotel pada Jumat (19/2/2021).
Suasana Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Wali kota dan Wakil Wali Kota terpilih dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan tahun 2020 berlangsung  di Hotel Novotel pada Jumat (19/2/2021). Foto : BorneoFlash.com/ Muhammad Eko.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Wali kota dan Wakil Wali Kota terpilih dalam pemilihan Wali kota dan Wakil Walikota Balikpapan tahun 2020 berlangsung  di Hotel Novotel pada Jumat (19/2/2021).

Rapat Pleno yang berlangsung juga nampak di Hadiri Ketua KPU Balikpapan, Bawaslu,  Wali Kota Terpilih Rahmat, Ketua DPRD Abduloh dan beberapa tamu undangan lainya. 

Usai rapat pleno terbuka,  Walikota terpilih Rahmat mengungkapkan,  rasa terima kasihnya pada seluruh elemen masyarakat khususnya kota Balikpapan.

“Kemenangan ini bukanlah kemenangan pak Rahmat dan Almarhum pak Tohari. Tapi Kemenangan di sini yakni kemenangan seluruh masyarakat kota Balikpapan yang menjadi komitmen kita bersama ” ujarnya.

Ia juga menjelaskan perbedaan pasca dan sebelum pilkada merupakan bunga -bunga dalam demokrasi. 

“Tapi setelah pilkada ini dan telah ditetapkan saya sebagai wali kota terpilih periode ini.   Tentunya kami tetap

berkomitmen dengan mengusung teks kami yakni, gotong royong bersama dalam segi apapun dalam membangun dan menjaga, memajukan kota Balikpapan sebagai kota yang maju dan modern itu lah komitmen kami bersama, ” paparnya.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Noor Thoha menambahkan bahwa,  5 hari setelah putusan MK,  KPU Kabupaten kota melaksanakan rapat pleno penetapan wali kota terpilih. 

“Maksimal 5 hari setelah putusan MK,  jadi putusan MK kemarin itu tanggal 16 dan 19 ini dilaksanakan. Alhamdulillah belum lewat,  dan hari ini kami tetapkan, ” jelasnya. 

Ia juga menjelaskan, untuk tindak lanjut setelah penetapan ini.  Ia katakan,  KPU  akan melanjutkan pengusulan pelantikan walikota dan wakil wali kota terpilih kepada  Gubernur melalui  wali kota. 

“Surat pelantikan ini sendiri merupakan episode terakhir tahapan dari KPU. dan setelah pelantikan, seperti kita ketahui wakil walikota terpilih kita meninggal.  Maka untuk proses penggantiannya di DPRD kota Balikpapan,” bebernya. 

Prosesnya seperti apa,  dalam penggantiannya, parpol pengusul, itu mengusulkan dua nama, dan dua nama tersebut akan dipilih di DPRD menjadi satu pilihan. 

“Dan itulah yang akan menggantikan Almarhum Thohari Aziz,” pungkasnya.  

(BorneoFlash.com/ Eko)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.