Program JKN-KIS Bantu Kesehatan dan Keuangan Keluarga

oleh -
Siti Desi Rantika (26),salah satu warga Kota Balikpapan yang merasakan manfaat besar menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Foto : HO

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Siti Desi Rantika (26), merupakan salah satu warga Kota Balikpapan yang merasakan manfaat besar ketika dirinya menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal tersebut ia rasakan ketika menjalani persalinan kedua anaknya, ia menyebutkan tidak ada biaya sedikitpun yang ia keluarkan untuk membiayai biaya persalinannya tersebut.

“Saya sangat merasakan sekali manfaat adanya Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ini. Terutama  di tahun 2015 dan tahun 2019, pada saat waktu melahirkan anak pertama dan anak kedua di salah satu rumah sakit di Kota Balikpapan. Benar-benar tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Sangat membantu sekali, apalagi pada saat itu kondisi keuangan sedang terpuruk dan pada saat itu juga suami belum mendapat pekerjaan tetap” ujar Siti Desi Rantika yang telah menjadi Peserta JKN-KIS sejak tahun 2014.

Disisi lain, ia pun menyebutkan betapa pentingnya masyarakat untuk menjadi Peserta JKN-KIS. Ia merasakan manfaat kesehatan dan keuangan setelah menjadi peserta JKN-KIS.

“Saya berpikir asuransi atau jaminan kesehatan mana lagi yang terjangkau dan memiliki layanan yang dibutuhkan untuk kesehatan. Sangat penting sekali bagi saya yang nantinya pasti akan melahirkan, sehingga dari alasan itulah menjadi sangat penting bagi saya untuk mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. Tentunya selain itu, kondisi keuangan keluarga pasti tertolong. Saya dan suami tidak perlu lagi memikirkan biaya berobat” lanjut Siti Desi Rantika.

Sebelum dan sesudah adanya Program JKN-KIS, Ia merasakan banyak perbedaan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan.

“Sebelum adanya Program JKN-KIS ini, saya hanya memanfaatkan layanan kesehatan di puskesmas dengan biaya yang minim dan ketika diharuskan untuk dirujuk atau dirawat dirumah sakit pasti akan ada biaya besar yang dikeluarkan. Itu sudah pernah saya rasakan beberapa kali sebelum menjadi peserta JKN-KIS. Tetapi sekarang dengan adanya Program JKN-KIS ini, semua dimudahkan untuk mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan manapun, baik itu puskesmas ataupun kerumah sakit” ujar Siti Desi Rantika

Baca Juga :  Dapur Milik Warga Ambruk, Terdampak Cuaca Ekstrim

Diakhir, Ia sangat berharap BPJS Kesehatan selaku badan penyelenggara Program JKN-KIS dapat terus hadir memberikan pelayanan yang baik serta memberikan kemudahan-kemudahan bagi pesertanya.(*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.