Memasuki Usia Lanjut, Sumaryono Rasakan Manfaat Program JKN-KIS

oleh -

BorneoFlash.com, JAKARTA – Jaminan Kesehatan itu sangat penting bagi semua lapisan masyarakat, hal tersebut diungkapkan oleh salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Sumaryono (68). Ia mengungkapkan manfaat yang dirasakan oleh dirinya dan juga istrinya, selepas dari masa produktifnya banyak sekali pelayanan kesehatan yang ia dan istrinya rasakan.

“Jaminan kesehatan itu sangatlah penting bagi semua masyarakat, karena kita tidak akan pernah tau kapan kita sakit. Apalagi biaya untuk berobat tidak murah, mending kalau kita punya uang. Kalau tidak punya uang, pasti kita kesulitan juga untuk berobat. Terlebih lagi, sekarang sudah masuk ke usia lanjut. Untuk penghasilan juga kan engga tentu. Jadi saya dan istri sangat mengandalkan Kartu JKN-KIS ini, kalau saja saya berobat dengan biaya sendiri udah engga ketulungan biayanya” ujar Sumaryono di kediamannya (10/12/2020).

Ia dan istrinya setiap bulan hampir mendapatkan pelayanan kesehatan, baik itu di puskesmas maupun di rumah sakit.

“Saya dan istri hampir setiap bulan mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk istri saya memang sekarang ada kendala dilambungnya, sudah kronis dan harus melakukan kontrol setiap bulannya. Kalau untuk saya sendiri ada penyakit hipertensi, setiap bulan mendapatkan obat dari apotik dari resep dokter. Bersyukur sekali pelayanannya mudah dan tidak ada perbedaan pelayanan” ujar Sumaryono yang kini kesehariannya menjadi salah satu Ketua Rukun Tetangga di Kota Balikpapan.

Ia juga mengapresiasi terkait pelayanan Program Rujuk Balik. Ia menyebutkan hal tersebut menjadi hal yang memudahkan peserta Program JKN-KIS.

“Untuk Program Rujuk Balik saya rasakan cukup efektif ya, artinya kan kita tidak perlu lagi untuk kerumah sakit untuk mendapatkan obat. Jadi cukup ke apotek yang ditunjuk untuk mengambil obatnya. Jadi sangat memudahkan dan memotong waktu tunggu layanan untuk saya sendiri” ujar Sumaryono.

Baca Juga :  Polda Kaltim Ungkap Peredaran Narkoba Seberat 8 Kg Lebih

Diakhir, ia berharap semua masyakarat bisa memiliki jaminan kesehatan bagi dirinya dan keluarga. Sehingga setiap masyarakat mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dan terbebas dari biaya berobat.(*)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.