Jaringan Pipa Menjadi kendala, Baru 160 Liter Per Detik Kapasitas Waduk Teritip Yang Dimanfaatkan

oleh -

BorneoFlash.com, BALIKPAPANWaduk teritip baru 160 liter per detik yang dimanfaatkan dari Dari 200 liter per detik kapasitas air yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya diwilayah Kecamatan Balikpapan Timur.

“Karena ini masih ada proses kita lagi optimalisasi Waduk Teritip ini dari 200 liter per detik yang desainnya kita sudah operasikan kurang lebih 160 liter per detik,” ujar Direktur Umum PDAM Tirta Manggar Balikpapan Haidir Effendi

Harapnya akhir tahun bisa bertambah, sehingga bisa maksimal hingga 200 liter per detik sesuai kapasitas. “Jadi masih ada 40 liter per detik. Mudah-mudahan diakhir tahun bisa lebih kita optimalkan,” ujarnya.

Menurutnya, karena jaringan pipa untuk mendistribusikan air dan pemasangan sambungan baru masih terbatas. Hingga kini jaringan pipa yang dibangun masih sampai Stadion Batakan. Targetnya hingga Kelurahan Sepinggan.

“Sayang, operasionalnya kan tetap 200 liter per detik , harusnya dijual 200 liter per detik. tapi ya itu tadi dijualnya harus menggunakan pipa harus pakai saluran itu yang lambat waduk Teritip itu kapasitasnya 250 liter per detik,” ujarnya.

“Yang kita operasikan itu sudah sampai stadion, karena pembangunan jaringan pipa maih dikerjakan, targetnya sampai Sepinggan, saya pingin teritip itu alirannya sampai Sepinggan karena selama ini airnya dari kilometer 8,”

Dia menjelaskan, sesuai desain awal Waduk Teritip kapasitasnya 250 liter per detik. Karena anggaran terbatas sehingga dibangun tahap pertama kpasitasnya hanya 200 liter per detik. Kemudian masih ada Embung Aji Raden.

“Karena anggaran Pemerintah dibangun dulu tahap pertama 200 liter per detik, sambil nanti menunggu kalau Embung Aji Raden jadi selesai kapasitasnya 150 liter perdetik jadi totalnya kalau digabung jadi 400 liter per detik,” ujarnya.

Jika merujuk dari pipa jaringan yang kini tengah dibangun, Waduk Teritip bisa melayani hingga 16 ribu sambungan baru khususnya untuk Balikpapan Timur dan tahun ini targetnya hingga akhir tahun 4 ribu sambungan.

“Kita harapannya cakupannya sampai Balikpapan Selatan, belum lagi perumahaan yang dibelakang Kantor Polda itu itu ada berapa banyak perumahan, ujarnya

Kata dia, keberadaam Waduk Teritip maka warga di Balikpapan Timur tidak akan lagi mengeluhkan pelayanan air. Karena biasanyadalam sehari hanya mengalir 3 hingga 6 jam. Tapi kita sudah bisa menikmati 24 jam.

Karena ketika sebelumnya distribusi air masih dari Kilomtere 8 Waduk Manggar sehingga terbatas air bakunya. “ Jadi kita memahami saja keluhan masyarakat, rebutan. Beda kalau air bakunya lebih, ini air bakunya kurang,” Pungkasnya.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.